3 Jenis dan Harga Pomade Untuk Styling Rambut

Harga pomade ditawarkan relatif berbeda. Apa faktor penyebabnya? Beda brand biasanya beda pula kisaran harga yang ditawarkan. Dimana brand populer dikenal kerap memasang tinggi harga untuk varian pomade yang dijual. Tentu harga tak asal dibandrol mahal, tetapi sebanding dengan kualitas yang dijanjikan.

Ternyata selain dipengaruhi oleh brand, harga jual pomade juga dibandrol berbeda karena bahan dasar untuk membuat pomade berbeda. Penggunaan bahan dasar yang tidak sama itulah yang akhirnya membuat beragam jenis pomade beredar di pasaran dengan kinerja atau kualitas yang berbeda pula. Adapun berikut ini diberikan 3 jenis pomade yang perlu Anda tahu untuk styling rambut:

Pomade Oil Based (Berbahan Dasar Minyak)
Jenis pomade yang pertama dibuat dari bahan dasar minyak. Pomade jenis ini mempunyai daya hold atau daya tahan super dan termasuk produk waterproof atau tahan air dan keringat. Bila diaplikasikan dalam rambut, pomade ini akan memberikan kesan mengkilat dan klimis yang membuat tatanan rambut semakin rapi. Hadir dengan banyak kelebihan nyatanya tak membuat harga pomade dibandrol mahal. Cukup sebanding dengan kualitas yang dijanjikan. Contohnya Cock Grease Pomade X yang dijual sekitar 124.000.

Karena menjanjikan daya tahan kuat, pomade berbahan dasar minyak direkomendasikan bagi para pria yang senang dengan gaya rambut pompadour. Terlebih bila jenis rambut Anda cukup sulit diatur, terlalu tebal, atau panjang. Sangat pas diaplikasikan seperlu menghadiri acara casual ataupun acara spesial seperti hangout, pesta, dinner, atau acara lainnya yang menuntut Anda tetap tampil istimewa.

Meski memiliki daya tahan kuat, pomade jenis ini masih belum bisa dikatakan sempurna. Pomade berbahan minyak bersifat lengket di kulit kepala dan cenderung membutuhkan ekstra perhatian. Khususnya saat membersihkan supaya tidak meninggalkan sisa minyak menempel.

Bahkan tidak jarang Anda harus menggunakan shampoo dengan kondisioner agar pomade tersapu bersih dari rambut dan kulit kepala. Karenanya bagi Anda yang bermasalah dengan kulit kepala berminyak tidak disarankan untuk menggunakan pomade berbahan minyak.

Pomade Water Based (Berbahan Dasar Air)
Jenis pomade berikutnya dibuat dari bahan dasar air yang diformulasikan dengan campuran kimia. Dibanding jenis pomade minyak, pomade water based tidak terasa lengket atau meninggalkan efek lengket. Sehingga mudah dibersihkan bahkan cukup dengan sekali cuci. Hanya saja daya holdnya memang tidak sekuat pomade oil based.

Akan tetapi, setiap jenis pomade mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan pomade water based yaitu efek kilapan yang lebih jelas dibanding jenis pomade yang lain. Kelebihan lainnya pomade berbahan dasar air mempunyai daya hold bervariasi. Mulai dari hold biasa hingga kuat. Untuk harga pomade cukup bervariasi. Sebagai contoh Oh Man! Water Based dijual 100.000-an, Layrite Pomade Super Shine 325.000 rupiah, dan lainnya.

Pomade water based cocok untuk para pria yang memiliki jenis rambut bergelombang atau panjang. Dimana pomade bisa diaplikasikan seperlu mendapat hasil rambut yang terkesan jatuh secara natural. Styling rambut dijamin akan lebih mudah apalagi bila Anda mengetahui rahasia penggunaan pomade yang tepat.

Namun dengan kisaran harga pomade diatas, cukup disayangkan. Selain daya tahan tidak kuat, daya tahan pomade berbahan dasar air juga tidak tahan lama. Dimana pomade mudah luntur bila terkena air hujan, keringat, atau unsur air lainnya. Ketika daya tahan menurun rmabut akan rusak tak lagi rapi. Sehingga untuk mempertahankan tatanan rambut seharian Anda mesti rutin memoles ulang. Karenanya jangan sampai ketinggalan untuk membawa pomade water based di dalam tas supaya bisa segera digunakan kembali saat dibutuhkan.

Pomade Mixed Based (Berbahan Dasar Campuran)
Pomade jenis yang ketiga dibuat dari bahan campuran. Bisa dibilang jenis ketiga ini adalah hasil improvisasi dari 2 jenis pomade sebelumnya, pomade berbahan dasar minyak dan air. Sehingga untuk daya tahan didapati lebih baik dibanding pomade water based namun tidak lebih bagus dibanding pomade oil based. Ringkasnya dibanding jenis pomade berbahan dasar minyak dan air, pomade jenis ketiga mempunyai daya tahan medium.

Jenis pomade mixed based dapat diandalkan untuk membuat gaya rambut kuat dengan efek kilauan cukup normal dan tidak berkesan berlebihan.  Dimana hasil kilauan pomade mixed based sebenarnya tidak mengkilap bila dibanding pomade jenis lain. Sehingga lebih cocok untuk acara santai seperti penggunaan sehari-hari di rumah.

Adapun kelebihan lain dari mixed based pomade ini yaitu tidak memerlukan perhatian ekstra. Pomade mudah dibersihkan tanpa meninggalkan sisa atau efek lengket berminyak. Jadi tidak repot saat mencuci rambut atau keramas. Namun, perlu diketahui jenis pomade campuran atau mixed based ini masih cukup asing di pasaran Indonesia. Itulah mengapa belum diketahui secara pasti berapa kisaran harga pomade mix di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *